BERJALAN 30 MENIT SETIAP HARI MENURUNKAN TEKANAN DARAH

Menurut para peneliti dari universitas Illinois, Amerika serikat, bahwa berjalan kaki selama 30 menit setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah pada pembuluh arteri sampai batas yang normal. Para peneliti bahkan merekomendasikan bahwa tidak perlu melakakukan olahraga keras dan berat untuk mendapatkan manfaat kesehatan. Tapi, cukup dengan membiasakan berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh dengan meninggalkan segala hal yang dapat meningkatkan tekanan darah.
Para peneliti menyebutkan bahwa 40 juta orang dalam wilayah Amerika Serikat terkena peningkatan tekanan darah pada pembuluh arteri sistolik atau distolik yang tekananya melibihi 90/140 mmHg dan 40% diantara mereka adalah warga amerika keturunan afrika.
Penelitian ini dilakukan selam 6 bulan kepada 40 orang warga amerika keturunan afrika yang terkena peningkatan tekanan tekanan darah pada kisaran umur 35-59 tahun. Para peneliti menerapkan kepada mereka kepada mereka untuk berjalan kaki setidaknya 30 menit atau 1,5 mil2 (1 mil = 1,6 km) setiap hari. Yang apabila dikondisikan dengan kegiatan mereka sehari-hari bisa mencapai 10.000 langkah atau 3,5-4 mil setiap hari.
Para dokter juga menganjurkan mereka yang terkena penyakit tekanan darah untuk berjalan kaki dan banyak gerak dalam kegiatan sehari-hari, seperti lebih memilih menggunakan tangga daripada lift, memarkir mobil di tempat agak jauh dari tempat kerja dan rumah, serta mengurangi konsumsi garam. Para dokter memperingatkan bahwa membiarkan begitu saja kondisi tekanan darah ini tanpa pengobatan akan beresiko pada gangguan penglihatan, serangan jantung,stroke,atau bisa juga gagal ginjal.
Selain itu, sekelompok peneliti melakukan percobaan kepada 15 orang ibu-ibu yang memiliki tekanan darah tinggi. Hasilnya, ibu-ibu yang berjalan kaki sejauh 3 km atau sekitar 1,9 mil setiap harinya mengalami penurunan tekanan darah sistolik sekitar 11 poin selama 24 pekan.
Berjalan kaki juga dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Berjalan kaki sejauh satu mil membantu pembakaran 60 kalori. Bila seseorang ‘menambah’ kecepatan dan langkahnya saat berjalan kaki pada 30 menit sejauh 25 mil maka tubuh akan mampu membakar 200 kalori3(www.aljazeera.net diakses 5/4/2003).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s